Istana Negeri Suluk



Salah satu situs menarik di Rokan adalah peninggalan Istana Rokan IV Koto. Bangunannya sedikit menyerupai rumah rumah adat Minang Kabau. Istana ini terletak di belakang tebing sungai Rokan yang curam disekelilingnya baru terdapat perkampungan penduduk Rokan IV Koto di Kabupaten Rokan Hulu. Istana ini sampai sekarang masih digunakan oleh datuk-datuk adat dan ninik mamak di Rokan IV Koto sebagai tempat bermusyawarah rutin. Biasanya ketentuan adat ini untuk mengatur norma norma adat di kampung yang diputuskan tetua-tetua kampung. Rumah di kampung penduduk dan istana bagi masyarakat merupakan bagian bagian satu kesatuan yang mengikat. Ada istilah masyarakat yang masih mentradisi sampai sekarang yakni areal “awuo nan bobeleng” atau “koto ruang” bagian yang tidak memisah antara rumah adat disekitar sini dengan istana.


Bentuk Istana Rokan IV Koto berupa rumah panggung, ditopang kontruksi dari kayu dengan ornamen ukiran yang khas. Bentuk ukiran ini lebih sederhana dan sangat tua umurnya. Di mungkinkan ornamen di Koto ini lebih tua dari ornamen rumah gadang di Minang Kabau.
Bagain atap rumah terdiri dari bumbung yang bertingkat. Bumbung yang pertama berrbentuk jajaran ginjang kemudian yang diatasnya terdapat anjungan yang bentukan atap melengkung seperti rumah gadang di minang kabau. Hanya saja bedanya pada lisplangnya terdapat ukiran yang membedakan identitasnya dengan rumah gadang. Pada benduo istana ini ukirannya membentuk kepala naga. Uniknya lagi semua tiang yang menjadi penopang rumah juga diberi ukiran dari kayu yang tebal.
Kalau melihat rumah ini saya sedikit membandingkan dengan “rumah lontiok” di Bengkinang hampir sama. Ukiran-ukirannya mendominasi di beberapa bagian seperti risplang, bagian bendul tepat dibawah pintu masuk ke sorompu istana pintu masuk, snjungan istana, dinding beranda dan tiang. Ukiran ukiran ini ada bawaan istana asli maupun ada yang dimodifikasi. Hasil modifikasi ini yang masih menjadi pertanyaan apakah sudah sesuai dengan identitas asli istana.
Selain istana Rokan di Rokan Hulu yang dikenal dengan negeri seribu suluk ini masih menyimpan ratusan khasanah yang memukau. Terdapat enam air terjun landasan yang terletak di Rokan Koto IV dan Kubang Buayo, ada lagi situs kerajaan rokan atau tambusai, benteng tujuh lapis dan rumah adat yang unik yang ada di beberapa daerah disini. (Es beno—dari berbagai sumber)





Comments :

0 komentar to “Istana Negeri Suluk”

Posting Komentar