Guci Cantik untuk Aksesori


Memburu aneka ragam bentuk keramik di Pekanbaru bisa dibilang sangat mudah. Di Pasar Bawah Pekanbaru, beragam bentuk keramik, umumnya dalam bentuk guci ditemui disini, hampir setiap toko menyediakan guci, inilah kekhasan pasar yang juga pasar tua di kota itu.
Bukan rahasia lagi, guci merupakan aksesori interior rumah yang sudah dikenal sejah berabad-abad yang lalu, sampai sekarang, guci-guci keramik masih saja diburu. Mungkin saja, bentuknya yang elegan membuat guci sangat digandrungi. Apalagi, guci, menyimpan cerita histori yang bernilai, makanya, peninggalan guci yang umurnya uzur, harganya makin melangit. Daerah asal pengrajin guci, yang tersohor adalah dari China. Di negara itu, guci dijadikan perangkat kebesaran untuk kerajaan. Tapi, aksesori semacam itu bisa juga ditemui di Pekanbaru.

Masuk saja di Pasar Bawah Pekanbaru, kita bakal disuguhkan dengan pemandangan berderet guci guci cantik berjejer. Ada beragam bentuk dan motif, dengan paduan warna warna yang unik, misalnya biru, coklat dan kuning dengan paduan warna yang disepadankan. Inilah yang menjadikan daya pikat untuk pengunjung yang datang. Aneka keramik ini, umumnya impor. Didatangkan dari China, Malaysia, Singapura, India, Turki dan Timur Tengah. ”Kalau guci umumnya didatangkan dari China, Barang-barang ini masuk melalui Singapura dan Batam, Kalau kita, ngambil-nya dari penyalur yang ada disini,” kata Herman, salah satu pedagang guci di Pasar Bawah Pekanbaru.
Motifnya yang tersedia juga beragam, dengan berbagai bentuk dan ukuran. “Ada yang kecil, menengah, dan ada yang besar. Kita juga menyediakan per set, satu setnya terdiri dari 3-4 guci,” katanya lagi.
Guci-guci ini sangat cantik dijadikan aksesori interior rumah, bisa dipajang sesuai keinginan. Untuk interior ruang tamu, misalnya, ada guci-guci yang pas untuk di pajang di situ. Atau di ruang makan, kamar tidur dan ruang tengah untuk keluarga, guci guci ini bisa disesuaikan. Selain itu, jika punya hobi tertentu, beragam motif ini bisa dipajang ruang tertentu, untuk koleksi. Wajar saja, yang memburu koleksi guci ini bisa datang dari mana saja. Herman mengatakan, tak hanya dari warga Pekanbaru saja, tapi warga luar kota, dan luar propinsi banyak yang menyempatkan datang ke Pekanbaru, hanya untuk berburu guci. ”Banyak pengunjung yang mencari di sini datang dari daerah luar,” akunya.
Kata Herman, kalau berburu guci, memang yang paling banyak di Pasar Bawah. Di tempat lain, tidak selengkap di pasar itu. “Kebanyakan memang disini pusatnya, karena dekat dengan penyalurnya. Kalau ada yang jual di luar, paling ngak seberapa,” terangnya.
Pasar bawah, selain menyediakan aneka keramik guci, juga banyak menawarkan koleksi aksesoris menarik lainnya. Pasar ini memang dijadikan andalan sebagai pasar wisata oleh Pemerintah Kota Pekanbaru. Soal harga yang ditawarkan, bisa dibilang barang-barangnya relatif murah. Misalnya saja aneka ruci ini, untuk satu set guci, yang terdiri dari 4 guci, dibandrol Rp 250 ribu. Sedangkan untuk Guci tunggal besar, harganya berkisar antara Rp 150-200 ribu. “Kalau yang paling besar harganya paling Rp 900 ribu,” ujarnya. Wah, tunggu apalagi, coba saja mulai untuk mengoleksi. (*)
Es Beno (bangasbersorak)

Comments :

5 komentar to “Guci Cantik untuk Aksesori”
RockStar mengatakan...
on 

Design nya lumayan sob :D

Pusat Gratis Punya mengatakan...
on 

Wah buat pajangan dirumah cantik juga,tapi kantong kering...he!

Cannes villa rental mengatakan...
on 

Pekanbaru saja, tapi warga luar kota, dan luar propinsi banyak yang menyempatkan datang ke Pekanbaru, hanya untuk berburu guci.

Dhana/戴安娜 mengatakan...
on 

salam shabat
ehm dari china yac,memang bagus product product guci sangat diburu khususnya di asia memang lebih banyak.oh iya maaf telat dah saya follow

Ge Inni mengatakan...
on 

bagi pin y donk banng...

Posting Komentar